1/6/16

Cara Ternak Bebek Bagi Yang Baru Pertama

0

 
   Beternak bebek merupakan pekerjaan yang tergolong gampang-gampang susah,gampang bagi yang sudah paham tentang segala sesuatunya tentang bebek mulai dari bibit yang bagus,pakan,kandang bahkan segala penyakit dan cara penanggulangannya.susah bagi para pemula yang belum paham benar tentang bebek.sebelum memulai beternak bebek alangkah baiknya kalau  sudah sedikit mengetahui tentang  hal-hal seperti di bawah.

#.Bibit Bebek<DOD>

   Pemilihan bibit harus dilakukan dengan benar,menggunakan telur tetas yang sudah terbukti kualitasnya tapi kalau cara ini agak ribet.mending beli DOD dari toko atau pembibit yang sudah terkenal mutunya maupun yang dapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat.Ciri DOD yang baik tidak cacat bulunya kuning agak mengkilap.

#.Kandang

Jenis-jenis kandang
1.Kandang tipe pekarangan
   Jenis kandang seperti ini memiliki sistem kurung dan lepas,kita cukup menyediakan lahan atau pekarangan yang sekelilingnya kita pagari setinngi kira-kira 70 cm atau lebih untuk aktifitas bebek baik makan,minum dan bermain,dan tengah-tengahnya di buatkan tempat untuk berteduh dengan alas menggunakan sekam.
2.Kandang tipe postal
   Jenis kandang ini memiliki sistem kurung total,semua aktifitas bebek berada di dalam kandang termasuk kolam juga di dalam tapi kalau mau mamakai jenis kandang ini asupan sinar matahari jangan sampai kurang.
3.kandang tipe baterai
    1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. Dengan di buatkan kisi-kisi bambu atau dari bahan lain.Bisa di tempatkan di dalam atau luar ruangan.

 Daya tampung kandang ini juga penting misalkan kita memelihara 100 bebek 
     Umur 1 hari – 2 minggu 1 -2 m.
    Umur 1 – 2 minggu 2 – 4 m.
    Umur 2 – 4 minggu 4 – 6 m.
    Umur 4 – 6 minggu 6 – 8 m.
    Umur 6 – 8 minggu 8 – 10 m.

#.Pakan

       Jenis pakan dalam garis besar sebenarnya ter bagi menjadi 2 yaitu pakan alami dan pakan konsentrat<pabrikan>.pakan alami seperti keong,bekicot lancang dll,pakan konsentrat pur yang di jual di toko-toko,sebenarnya kita juga bisa membuat pakan konsentrat sendiri yaitu dengan cara fermentasi pakan dengan SSG.Kita bisa mengubah gedebog pisang,enceng gondok juga limbah pasar menjadi pakan ternak yang berkualitas,caranya baca di fermentasi pakan dengan SSG.
Cara pemberian pakan terbagi menjadi 3 tahap yaitu stater<umur 0-8minggu>grower <8-18 minggu>layer<18-24 minggu>sedangkan untuk cara memberikan terbagi menjadi 4 cara yaitu

umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder).
umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai.
umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu 7 hari pertama secara

#.Penyakit

a. Penyakit Berak Kapur.

Penyebab : Bakteri Salmonella Pullorum. Tanda-tanda : Berak putih, lengket seperti pasta.

Pencegahan: Kebersihan kandang, makanan, minuman, vaksinasi, dan itik yang sakit dipisahkan.

b. Penyakit Cacing.

Penyebab : Berbagai jenis cacing.

Tanda-tanda : Nafsu makan kurang, kadang-kadang mencret, bulu kusam, kurus, dan produksi telur menurun. Pencegahan: Kandang harus bersih, kering tidak lembab, makanan dan minuman harus bersih dan sanitasi kandang.

c. Lumpuh.

Penyebab : Kekurangan vitamin B.

Tanda-tanda : Kaki bengkak dibagian persendian, jalan pincang dan lumpuh, kelihatan ngantuk, kadang-kadang keluar air mata berlebihan.

Pencegahan : Pemberian sayuran / hijauan dalam bentuk segar setiap hari.

      Sekian dan terima kasih maaf  apa bila ada pendapat-pendapat yang salah atau tidak sama seperti pendapat teman-teman

0 komentar:

Post a Comment