Cara Ternak Bebek Petelur


    Beternak bebek petelur bila di kerjakan dengan serius,telaten dan kerja keras bisa menghasilkan rupiah lumayan,apalagi kalau kita telaten mencari informasi-informasi terbaru tentang bagai mana cara beternak bebek,pakan bebek,kandang bebek dan penyakit bebek serta cara penyembuhannya.Kali ini saya akan berbagi informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber tentang bagaimana cara beternak bebek petelur.Ada 2 metode dalam beternak bebek yaitu metode gembala dan metode kandang.

Pemilihan Bibit 

     kualitas bibit menentukan hasil panen,maka dari itu kita harus bener-benar teliti dan selektif dalam menentukan bibit yang akan kita ternak.Banyak sekali jenis bebek di indonesia ada bebek bali,bebek mojosari bebek alabio dan masih banyak lagi,dari jenisnya bebek memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda,untuk penjelasan lebih jelas tentang bebek ada di artikel saya sebelumnya yang berjudul jenis-jenis bebek lokal berkualitas.Pilih jenis bebek yang produksi telur pertahunnya banyak.

Kandang

Kandang tipe pekarangan.

     Kandang bebek sistem ini merupakan kombinasi antara terkurung dengan sistem lepas. Dilapisi dengan sekam padi. Atap kandang yang cocok dengan satu atap di tambahkan lubang angin. Pada pekarangan yang disediakan itulah terdapat tempat pakan dan minuman bebek. Pelindung atap di gunakan untuk menghindari sinar matahari langsung dan air hujan turun.. Sekitar pekarangan dibuat pagar dengan tinggi kurang lebih 75 cm. Tipe kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut. Kandang ini bersifat terbuka, namun disediakan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.

Kandang terkurung atau tipe postal.

      Merupakan bangunan yang besar memiliki atap. Dinding biasanya terbuat dari bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi. Untuk membuat kandang bebek, perlu memperhatikan beberapa hal agar beternak bebek bisa maksimal hasilnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang bebek :

#.Kandang bebek membujur dengan arah timur-barat, tujuanya agar mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas.
#.Cahaya matahari harus masuk, namun tidak langsung masuk ke dalam kandang.
#.Tinggi minimal 2 meter untuk jenis pedaging atau petelur, agar sirkulasi udara cukup. Agar mudah ketika pembersihan kandang atau senitasi kandang, tidak perlu jongkok.
#.Memiliki ruang gerak yang cukup besar, tidak jauh dengan kandang ayam namun kandang bebek harus lebih besar, karena bebek mudah kaget, jadi perlu ada ruang agak besar agar bebek bisa berlari. Atau 2 ekor itik perlu kandang 1 meter persegi.

Kandang tipe baterai.

    1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. Dengan di buatkan kisi-kisi bambu atau dari bahan lain.Kandang tipe baterei bisa ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Dengan tipe kandang baterai, Biasanya tidak di sediakan kolam untuk berenagnya bebek.Anda bisa memilih tipe kandang sesuai dengan modal ada.
Pakan
Pemberian pakan pada bebek petelur gampang-gampang susah kalau dalam masa produksi kandungan protein pada pakan harus stabil.
1. Itik usia 0-4 minggu membutuhkan protein sebanyan 18-20 %.
2.Itik usia 5-2 minggu (itik dara) membutuhkan protein sebanyak 14
16 %.
3.Itik usia 21 minggu ke atas (sudah bertelur) membutuhkan protein
sebanyak 15-17 %.

    Pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).Dalam hal pakan itik secara ad libitum, untuk menghemat pakan biaya baik tempat ransum sendiri yang biasa diramu dari bahan-bahan seperti jagung, bekatul, tepung ikan, tepung tulang, bungkil feed suplemen,bisa juga menggunakan pakan fermentasi.
    Pemberian minuman itik, berdasarkan pada umur itik juga yaitu:

Umur 0-7 hari, untuk 3 hari pertama iar minum ditambah vitamin dan mineral, tempatnya asam seperti untuk anak ayam.
Umur 7-28 hari, tempat minum dipinggir kandang dan air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus).
Umur 28 hari-afkir, tempat minum berupa empat persegi panjang dengan ukuran 2 m x 15 cm dan tingginya 10 cm untuk 200-300 ekor. Tiap hari dibersihkan.

     Buat temen-temen yang baru pertama kali ternak jangan terlalu banyak dulu,pelajari dengan teliti tentang bebek,kalau sudah tau tentang segala sesuatunya tentang bebek baru tambah bebek sebanyak mungkin,sekian dulu dan terima kasih salam sukses
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Featured

Ad Home

LightBlog