3/20/16

Jenis Kambing Unggulan Yang Banyak Di Ternak

1

Usaha ternak kambing adalah salah satu usaha yang sangat menjanjikan ini tidak terlepas dari banyaknya permintaan kambing di indonesia terutama pada hari raya idul adha.Hal ini menyebabkan banyaknya peternak kambing di indonesia mulai dari yang sekala kecil bahkan ada yang ternak secara modern.Ini menjadi inspirasi saya untuk menulis artikel tentang jenis kambing unggulan yang banyak di ternak untuk membantu teman-teman menentukan jenis kambing apa yang akan di pelihara,baiklah langsung saja kita ke TKP

Pemilihan jenis kambing yang akan kita ternak menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam usaha ternak kambing,berikut jenis-jenis kambing unggulan.


#.Kambing Kacang

Kambing jenis ini adalah salah satu kambing unggul yang pertama kali di kembangkan di indonesia,memiliki daya reproduksi yang sangat bagus,dan juga memiliki daya adaptasi yang tinggi,kambing ini merupakan jenis kambing pedaging.

Kambing kacang

ciri-ciri
Memiliki tubuh yang relatif kecil kepala ringan dan kecil,telinganya tegak bulunya pendek dan halus,warna bulunya tunggal putih,coklat,hitam atau kombinasi ketiganya.Memiliki tanduk yang pendek baik jantan atau betinanya,memiliki bulu pendek pada seluruh tubuh, kecuali pada ekor dan dagu, pada kambing jantan juga tumbuh bulu panjang sepanjang garis leher, pundak dan punggung sampai ekor dan pantat.


#.Kambing Ettawa<kambing jamnapari>


Kambing ettawa ini adalah salah satu kambing unggul yang bisa diternak untuk menghasilkan daging ataupun susu.kambimg ini di datangkan dari india




kambing ettawa

ciri-ciri
Badan besar,tinggi bisa mencapai 90 cm sampai 127 cm untuk yang jantan,kalau betinanya bisa mencapai 92 cm.Bobot kambing ini bisa 90 kg untuk yang jantan sedangkan betinya 63 kg.Telinganya panjang dan terkulai ke bawah,dahi dan hidungnya cembung,tanduk jantan atau betinanya pendek,kambing ini bisa menghasilkan 3 liter susu perhari.


#.Kambing Jawarandu


Kambing jawarandu adalah kambing hasil persilangan antara kambing kacang dan kambing ettawa,tapi perwakannya masih dominan kambing kacang.Para peternak biasanya pelihara kambing ini untuk menghasilkan susu.

kambing jawa randu

ciri-ciri
Memiliki badan lebih kecil dari pada kambing ettawa,Memiliki telinga lebar terbuka, panjang dan terkulai,bisa menghasilkan daging dan susu.


#.Kambing PE<perawakan ettewa>


Kambing ini juga hasil persilangan antara kambing ettawa da kambing jawa.Kambing PE berukuran hampir sama dengan Etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia. Tanda-tanda tubuhnya berada diantara kambing Kacang dan kambing Etawa. Jadi ada yang lebih ke arah kambing Etawa, dan sebagian ada yang lebih ke arah kambing Kacang.kambing ini tersebar dari pesisir utara jawa sekarang sudah merata ke seluruh indonesia,memiliki sek-libido yang tinggi

kambing PE


ciri-ciri
Warna bulu belang hitam, putih, merah, coklat dan kadang putih,telinganya panjang dan terkulai ke bawah, bergelambir yang cukup besar.Kambing jantan maupun betina bertanduk kecil/pendek.Daerah belakang paha, ekor dan dagu berbulu panjang.


#.Kambing Boer


Kambing boer berasal dari afrika selatan,kambing ini merupakan kambing pedaging yang sesungguhnya karena memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.Pada usia 5 sampai 6 bulan bobot nya bisa mencapai 35 sampai 45 kg rata-rata penambahan daging antara 0,02 sampai 0,04 kg perhari.Untuk yang jantan bobot bisa mencapai 120 sampaai 150 pada usia 2 sampai 3 tahun,sedangkan betina 80 sampai 90 kg.Kambing Boer dapat hidup pada suhu lingkungan yang ekstrim, mulai dari suhu sangat dingin (-25 derajat celcius) hingga sangat panas (43 derajat celcius) dan mudah beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Tahan terhadap penyakit. Mereka dapat hidup di kawasan semak belukar, lereng gunung yang berbatu atau di padang rumput. Secara alamiah mereka adalah hewan yang suka meramban sehingga lebih menyukai daun-daunan, tanaman semak daripada rumput.

kambing boer

ciri-ciri


Kambing Boer Jantan
Boer jantan bertubuh kokoh dan kuat sekali. Pundaknya luas dan ke belakang dipenuhi dengan pantat yang berotot. Boer jantan dapat kawin di bulan apa saja sepanjang tahun. Mereka berbau tajam karena hal ini untuk memikat betina. Seekor pejantan dapat aktif kawin pada umur 7-8 bulan, tetapi disarankan agar satu pejantan tidak melayani lebih dari 8 – 10 betina sampai pejantan itu berumur sekitar satu tahun. Boer jantan dewasa (2 – 3 tahun) dapat melayani 30 – 40 betina. Disarankan agar semua pejantan dipisahkan dari betina pada umur 3 bulan agar tidak terjadi perkawinan yang tidak direncanakan. Seekor pejantan dapat mengawini hingga selama 7 – 8 tahun.

Kambing Boer Betina
Boer betina tumbuh seperti jantan, tetapi tampak sangat feminin dengan kepala dan leher ramping. Ia sangat jinak dan pada dasarnya tidak banyak berulah. Ia dapat dikawinkan pada umur 10 – 12 bulan, tergantung besar tubuhnya. Kebuntingan untuk kambing adalah 5 bulan. Ia mampu melahirkan anak-anak tiga kali dalam dua tahun. Betina umur satu tahunan dapat menghasilkan 1 – 2 anak. Setelah beranak pertama, ia biasanya akan beranak kembar dua, tiga, bahkan empat.


#.kambing Saanen


Kambing ini berasal dari lembah saanen swis,penghasil susu yang sangat terkenal di swis,kambing ini sangat peka terhadap matahari makanya sangat susah perkembangannya di alam tropis.

Kambing saanen

ciri-ciri
Bulunya pendek berwarna putih atau krim dengan titik hitam di hidung, telinga dan di kelenjar susu.Hidungnya lurus dan muka berupa segitiga.Telinganya sederhana dan tegak ke sebelah dan ke depan,ekornya tipis dan pendek.


#.kambing Gembrong


Kambing ini terdapat di bali timur  di kabupaten karangasem.Kambing gembrong ini dulunya merupakan persilangan antara kambing Kashmir dengan kambing Turki. Kedua jenis kambing itu masuk ke Bali dari luar negeri sebagai hadiah untuk seorang bangsawan Bali, yang kemudian berkembang sampai sekarang di daerah Bali.

kambing gembrong

ciri-ciri
Kambing Gembrong jantan berbulu panjang lebat dan mengkilap, yang tumbuh mulai dari kepala hingga ekor. Bila dibiarkan, panjang bulu bisa mencapai 25—30 cm. Setiap 12—16 bulan sekali, bulunya mesti dicukur. Jika tidak, bulu bagian kepala dapat menutupi mata dan telinga, sehingga akan mempersulit kambing saat makan.Warna tubuh dominan kambing Gembrong pada umumnya putih sebagian berwarna coklat muda dan coklat. Pola warna tubuh kebanyakan satu warna, sebagian lagi dua – sampai tiga warna. Tinggi kambing (gumba) 58 – 65 cm, bobot badan kambing dewasa 32-45 kg. Kambing jantan berjumbai pada dahi. Jumbai terkadang menutup mata dan muka kambing.


#.Kambing Muara


Kambing ini dapat dijumpai di daerah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara di Propinsi Sumatera Utara.kambing ini mampu melahirkan sampai dengan 4 anak dan bisa tumbuh dewasa tanpa susu/makanan tambahan teetapi anaknya bisa sehat-sehat ini dikarenakan indukkannya bisa menghasilkan susu untuk ke 4 anaknya.

kambing muara

ciri-ciri
Dari segi penampilannya kambing ini nampak gagah, tubuhnya kompak dan sebaran warna bulu bervariasi antara warna bulu coklat kemerahan, putih dan ada juga berwarna bulu hitam. Bobot kambing Muara ini lebih besar dari pada kambing Kacang dan kelihatan prolifik. 


#.Kambing Kosta


Kambing Kosta terdapat di Kabupaten Serang, Pandeglang, dan disekitarnya serta ditemukan pula dalam populasi kecil di wilayah Tangerang dan DKI Jakarta. Selama ini masyarakat hanya mengenal Kambing Kacang sebagai kambing asli Indonesia, namun karena bentuk dan performa Kambing Kosta menyerupai Kambing Kacang, sering sulit dibedakan antara Kambing Kosta dengan Kambing Kacang, padahal bila diamati secara seksama terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

kambing kosta

ciri-ciri
Terdapatnya motif garis yang sejajar pada bagian kiri dan kanan muka, selain itu terdapat pula ciri khas yang dimiliki oleh Kambing Kosta yaitu bulu rewos di bagian kaki belakang mirip bulu rewos pada Kambing Peranakan Ettawa (PE), namun tidak sepanjang bulu rewos pada Kambing PE dengan tekstur bulu yang agak tebal dan halus. Tubuh Kambing Kosta berbentuk besar ke bagian belakang sehingga cocok dan potensial untuk dijadikan tipe pedaging.Warna dari kambing Kosta ini adalah coklat tua, coklat muda, coklat merah, abu-abu sampai hitam. Pola warna tubuh umumnya terdiri dari 2 warna, dan bagian yang belang umumnya didominasi oleh warna putih.


#.Kambing Samosir


Berdasarkan sejarahnya kambing Samosir ini dipelihara penduduk setempat secara turun temurun di Pulau Samosir, di tengah Danau Toba, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

kambing samosir

ciri-ciri
Berdasarkan ukuran morfologi tubuh, kambing spesifik lokal Samosir ini hampir sama dengan kambing Kacang yang ada di Sumatera Utara, yang membedakannya terhadap kambing Kacang yaitu penotipe warna tubuh yang dominan putih dengan hasil observasi 39,18% warna tubuh putih dan 60,82% warna tubuh belang putih hitam. Pemberian nama kambing Samosir pada saat ini masih secara lokal dan dikenal dengan nama Kambing Putih atau Kambing Batak.


Setelah tahu jenis kambing kita tinggal mencari bagai mana cara membuat pakan kambing dari gedebog

1 comment:

  1. Jual KAMBING BOER SUPER, PERANAKAN ETAWA (PE), BLIGON, KACANG, DOMBA MERINO, EKOR GEMUK Harga Bibit mulai 900 ribuan. Kami juga menjual Daging Kambing frees segar Rp 38 ribu/kg, Daging Domba Rp 32 ribu/kg, pakan ternak GAPLEK SINGKONG (chip singkong) Rp 1750/kg, SINGKONG SEGAR 600/Kg bagus untuk Penggemukan ternak. HUb.HERU IRAWAN Ketua KELOMPOK TERNAK BEJO UTOMO KABUPATEN MALANG - JAWA TIMUR hp 081334272800 website www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    ReplyDelete